Prinsip Kerja Boiler Batu Bara



Prinsip Kerja Boiler Batu Bara
Prinsip Kerja Boiler Batu Bara

Prinsip Kerja Boiler Batu Bara- Boiler atau yang sering disebut dengan ketel uap merupakan sebuah perangkat mesin untuk membantu mengubah air menjadi uap. Cara kerja boiler melalui proses perubahan air yang dipanaskan di dalam beberapa pipa dengan mengandalkan panas dari hasil pembakaran bahan bakar. Bahkan pembakaran yang dilakukan harus secara berlanjut di ruang bakar dengan membantu mengalirkan bahan bakar dan udara yang ada dari luar.

Sedangkan uap yang dihasilkan boiler adalah uap dengan tekanan dan temperature yang tinggi. Untuk mengetahui produksi uap memang tergantung dari beberapa hal seperti laju aliran, luas permukaan pemindah panas, dan juga panas pembakaran yang diberikan. Jika dilihat dari konstruksinya, boiler terdiri dari beberapa pipa yang sudah diisi dengan air dan sering disebut water tube boiler.

Jika diunit pembangkit, boiler ini biasa disebut dengan steam generator atau pembangkit uap. Ada beberapa jenis boiler dengan menggunakan bahan bakar yang berbeda, seperti PLTU batu bara, PLTU gas, PLTU minya, PLTU nuklir. Namun untuk PLTU batu bara dibedakan berdasarkan proses dari pembakaran, ada PLTU pembarakan batu bara bubuk dan ada juga PLTU pembakaran batu bara curah.

Ada perbedaan yang jelas antara PLTU batu bara dengan PLTU minyak ataupun gas. Perbedaan tersebut ada pada peralatan sistem penanganan, entah untuk penanganan limbah abunya, dan juga pembakaran bahan bakar. PLTU batu bara juga memiliki peralatan bantu yang lebih banyak dan juga lemih kompleks jika dibandingkan dengan PLTU minyak ataupun gas. Sebab PLTU gas memang jenis yang paling sederhana untuk peralatan bantunya.

Sebenarnya untuk tahu prinsip kerja boiler batu bara anda juga harus tahu tentang sistem utama yang ada pada semua jenis boiler. Sistem tersebut berupa steam drum, downcomer, kemudian furmace, separator, heat recovery area, feed water pipe, economizer, siperheater, connecting pipes, dan juga main steam pipe. Jadi jika sudah mengatahui fungsi sistem utama pada boiler maka untuk prinsip kerja boiler dengan bahan bakar batu bara ataupun minyak juga sangat mudah dilakukan.

Secara umum, semua boiler bekerja dengan 3 proses yaitu proses air menjadi steam. Kemudian langkah kedua ada proses bahan bakar entah itu menggunakan batu bara, limestone, ataupun minyak bahkan sampai menggunakan abu sisa pembakaran. Jika proses kedua sudah berjalan, maka selajunjutnya ada proses udara menjadi gas buang. Prinsip kerja boiler batu bara tidak jauh berbeda dengan boiler yang lainnya, hanya saja pembakarannya menggunakan bahan batu bara.

Dari tiap proses, tentunya dibutuhkan beberapa cara yang tepat, misalnya saja jika ingin menghasilkan uap air tentu membutuhkan air dengan kadar Ph yang ditetapkan sebelumya. Kemudian dilanjutnya dengan proses selanjutnya.

Itulah beberapa informasi seputar prinsip kerja boiler batu bara yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Comments